Wednesday 17 September 2014

Perdamaian Israel – Palestina Hal Yang Sulit



Beberapa waktu terakhir ini kita dikejutkan oleh penyerangan Israel terhadap penduduk muslim di Gaza – Palestina. Penyerangan ini menjadi perhatian masyarakat Internasional tidak terkecuali Indonesia. Kecaman terlontar dari masyrakat internasional terhadap Israel pun terlontar karena tidakan brutal terhadap kaum muslim di Gaza Palestina yang tidak berperi kemanusiaan. Penyerangan kaum muslim Gaza dipicu oleh penyandraan Tentara Israel oleh Hammas (kelompok militant Palestina).
Serangan yang dilancarkan oleh Israel sungguh bukan tandingan Palestina, bagaimana tidak? Israel menggunakan peralatan tempur yang canggih sedangkan rakyat palestinahanya menggunakan peralatan tempur yang seadanya. Roket roket balasan yang diluncurkan dari Palestina ke Israel hampir semua tidak melukai warga Israel, untuk sampai di wilayah Israel pun tidak sampai, bagaimana demikian? Ini karena Israel menggunakan iron dome  sebuat teknologi canggih yang diciptakan untuk menangkal serangan roket dari musuh sehingga roket tersebut tidak sampai dan diledakan oleh udara, dengan demikian wilayah Israel aman dari serangan Palestina.
Reaksi internasional terhadap tidakan brutal Israel sungguh beragam, ada yang meminta Israel dikeluarkan dari PBB, bahkan ada yang meminta Israel tidak dimasukan ke dalam peta dunia. Di Indonesia sendiri demo terjadi dibeberapa wilayah menuntut Israel menghentikan serangannya terhadap Israel. konflik Palestina – Israel ini dimulai sejak bangsa Yahudi Israel memproklamirkan diri sebagai Negara berdaulat tahun 1948 Silam, setelah memenangkan perang dengan Negara-negara arab. Semenjak kemerdekaannya Israel terus-terusan mengembangkan wilayahnya terhadap wilayah Negara disekelilingnya.
Israel dari ngera kecil namun sekarang menjadi sebuah Negara yang digdaya dengan mudah menghancurkan Gaza. Kekuatan Israel tidak lepas dari dukungan yang secara continue dari Amerika Serikat sejak pertama kali merdeka. Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Israel pertama kali adalah Amerika. Bantuan demi bantuan terus mereka kucurkan dari tahun ke tahun terhadap Israel.
Keterkaitan Amerika dengan Israel inilah yang membuat Perserikan Bangsa Bangsa terlihat tidak berdaya oleh Israel yang jelas jelas telah melakukan tindakan tindakan yang diluar batas nalar manusia, yang dengan bringasnya membunuh penduduk muslim Palestina. PBB seharusnya memposisikan diri sebagai mediator disetiap konflik yang melibatkan Negara-negara. Namun kita ridak melihat itu didalam konflik Palestina-Gaza. Pengaruh Amerika yang kuat di PBB membuat PBB seolah olah tidak berkutik bahkan terkesan tutup mata atas kejadian di Palestina.
Keangkuhan Israel yang tidak mau memberikan hak nya kepada Palestina membuat konflik ini semakin rumit dan sulit untuk dihentikan. Sistem dunia yang anarchy membuat konflik ini tidak akan pernah habis. Negara-negara arab yang tidak bersatu mendukung kemerdekaan palestina dikarenakan terjadinya banyak konflik di tiap tiap Negara membuat kemerdekaan / Perdamaian Palestina – Israel semakin sulit terwujud, ditambah lagi oleh hegemony Amerika di dunia ini. 

source image: http://www.globalresearch.ca/wp-content/uploads/2012/1/Israel_Palestine_Flag.png

0 comments:

Post a Comment